Cara Menjaga Kandungan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran

Cara Menjaga Kandungan Agar Tidak KeguguranKata kehamilan merupakan masa di mana seorang perempuan membawa embrio atau fetus dalam tubuhnya. Dalam masa kehamilan bisa terjadi banyak gestasi seperti dalam kasus kembar, atau kembar tiga. Kehamilan manusia umumnya terjadi selama 40 minggu antara masa terakhr menstruasi hingga kelahiran (38 minggu dari proses pembuahan).

Istilah ibu hamil dalam ilmu medis adalah gravida, sementara calon bayi di dalamnya disebut sebagai embrio (pada minggu-minggu awal kehamilan) dan seklanjutnya disebut janin (hingga waktu kelahiran). Seorang ibu hamil yang baru pertama kali hamil disebut primigravida atau gravida 1. Sedangkan seorang perempuan yang belum pernah hamil disebut sebagai gravida 0.

Di dalam banyak kalangan masyarakat, definisi medis serta legal kehamilan manusia dibagi dalam  periode triwulan, hal tersebut sebagai cara untuk memudahkan tahapan berbeda pada perkembangan janin.

Hamil adalah salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup seorang perempuan. Tak heran kehamilan akan dijaga baik-baik agar nantinya lahir bayi yang sehat dan menggemaskan. Ketika sedang hamil, anda banyak sekali memikirkan posisi yang baik dan nyaman untuk janin dan aktivitas anda. Perubahan fisik yang semakin berubah di masa kehamilan memasuki usia tua semakin membuat anda mencari posisi yang tepat.

Inilah beberapa cara menjaga agar ibu yang hamil muda tidak keguguran, diantaranya adalah :

  • Menghindari aktifitas yang berat. Pada awal kehamilan, secara umum wanita sangat mudah lelah bahkan ada sebagian yang sampai pingsan oleh karena tekana darah yang rendah. Karena itu, jangan paksakan diri Anda melakukan pekerjaan yang berat. Jangan beridiri terlalu lama dan janga pula duduk terlampau lama. Usahakan istirahat Anda cukup. Namun jangan juga terlalu lama berdiam diri sebab akan membuat badan Anda justru semakin tidak enak.
  • Menghindari rokok, obat-obatan tertentu, kafein, alkohol dan semua zat-zat yang bisa membahayakan kehamilan. Alkohol juga rokok bisa menganggu dan menghambat perkembangan janin Anda. bahkan kabarnya, jika sang ibu perokok, maka kemungkinan bayi terlahir tidak sempurna akan semakin besar. Sementara itu kafein juga sangat direkomendasikan untuk dihindari sebab bisa mempengaruhi jumlah zat besi di dalam darah dan akan memperparah gejala anemia yang lazim diderita wanita yang sedang hamil. Jadi, sebaiknya cermat.
  • Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat hamil muda, biasanya wanita diserang rasa mual hingga nafsu untuk makan hilang. Hal ini memang normal adanya tapi walau bagaimanapun, perasaan ini tak boleh diikuti sebab jika calon ibu tidak makan, maka janin akan kehilangan asupan nutrisi penting yang ia inginkan.
  • Pandai-pandailah mengelola emosi Anda, sebab saat hamil muda biasanya mood wanita layaknya yoyo, naik dan turun. Hal ini disebabkan kondisi hormon yang sedang tak stabil karena kehamilan. Hal ini harus dilawan sebab ibu yang stress sangat rentan membahayakan janin yang ia kandung. Kelola emosi dengan benar, banyak-banyaklah mendekatkan diri pada tuhan, bercengkrama dengan suami, latihan meditasi dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda yang terbiasa mengusir stess dengan cokelat sebaiknya untuk sementara merubah kebiasaan tersebut sebab coklat juga mengandung kafein.
  • Selanjutnya terkait dengan aktifitas seksual suami dan istri. Memang hal tersebut adalah fitrah dan sah-sah saja dilakukan. Tapi di awal kehamilan aktifitas tersebut bisa berujung pada keguguran jika tidak dilakukan sesuai kondisi sang wanita. Jadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan. Aktifitas seksual harus dilakukan secara hati-hati (bahkan ada sebagian orang yang memilih stop sementara) jika kehamilan tersebut sangat beresiko tinggi seperti keguguran, ada riwayat melahirkan premature, adanya pendarahan di dalam vagina, plasenta previa dan semacamnya.

Semoga informasi di atas mengenai Cara Menjaga Kandungan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran dapat bermanfaat dan berguna bagi para Ibu. Lebih dan kurangnya saya minta maaf, sekian dan terima kasih.


10 Komentar Pembaca untuk “Cara Menjaga Kandungan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran

  1. Assalamualikum
    Saya mau tanyaa dok ,
    Saya srg mual , pusing dan cepat lelah . Tp waktu d cek say negatif .bagaimana solusi nyaa ? Apa ini tanda2 hamil ato hanya kecapain saja .

  2. Dokter saya mau tAnya? Saya sudah telat masa haid kurang lebih 4 minggu, tapi begu saya tes hasil’Ɣª negatip, saya maSih penasarAn dan ahir’Ɣª saya memutuskan memeriksakan kedukun beranak,,,, tp kata dukun beranak saya posit bagai ♏∂η∂ solusi’Ɣª dok?

  3. Dear Miss

    saya mau nanya,kmren sya ada telat 4 hari tapi saya tes negatif trus sya minum obat pelancar haid seperti kiranti dan em kapsul,selma 2 hari saya minum juga tidak ada tanda haid trus sya cek lagi ternyata saya positif hamil,apakah obat pelancar ahdi tu berpengaruh gk buat kesehatan janin saya ,saat ini usia kandungan saya 7 minggu .terimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *