Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Bahaya Sayuran Mentah Bagi Ibu hamilBayi yang dilahirkan oleh seorang ibu merupakan hasil dari sebuah proses panjang yang disebut kehamilan. Perjalanan kehamilan yang dimulai dari saat konsepsi hingga persalinan ini bisa saja berjalan mulus. Namun bisa pula terjadi sebaliknya. Semasa kehamilan bisa terjadi gangguan-gangguan, baik gangguan dari penyakit ibu, kehamilan dan dari janin sendiri.

Saat Ibu ingin merencanakan kehamilan dan saat kehamilan berlangsung banyak kegiatan dan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh yang perlu lebih di perhatikan.

Pola hidup yang sehat sejak dini merupakan awal untuk kesehatan hidup yang lebih baik untuk Bunda dan juga janin yang di kandung.

Untuk Ibu hamil, pola makanan yang sehat dan bernutrisi sangat berperan dalam proses masa kehamilan seperti pada artikel saya sebelumnya mengenai Jenis makanan yang baik bagi wanita hamil dan pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan.

Ada begitu banyak jenis makanan yang perlu dihindari selama proses kehamilan muda, diantaranya adalah :

  • Jangan makan daging mentah (sushi) atau yang dimasak kurang matang, karena mengandung Toksoplasmosis sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda dan juga  Ecoli yang berbahaya bagi ibu hamil.
  • Toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik, oleh karena itu bersihkan sayuran dengan baik, apalagi untuk salad atau lalapan yang di makan mentah. Hindari juga kotoran kucing atau bermain-main dengan kucing karena mengandung toksoplasmosis.
  • Jangan makan daging ayam dan telur yang di masak kurang matang atau mentah, hindari makanan hati ayam atau daging yang mungkin sumber salmonella yang dapat menyebabkan diare  yang berat pada ibu hamil. Juga harus di perhatikan piring, alat-alat masakan yang terkena daging ayam mentah ini untuk dicuci.
  • Ikan tuna steak, ikan kakap putih, ikan jenis kerapu, atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam  jumlah yang besar.
  • Keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Semua produk ini mempunyai resiko membawa listeria. Listeria tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin. Listeria dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. Sebaiknya hindari makanan jenis ini sampai melahirkan bayi anda.
  • Minuman yang mengandung cafein seperti kopi, teh, sebaiknya dihindari atau di batasi karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi  penyerapan zat besi.
  • Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi.
  • Hati-hati saat mengkonsumsi “Hati” di usia kehamilan 2 bulan. Sebab hati mengandung vitamin A dalam bentuk retinol yang dapat menyebabkan keguguran.
  • Ibu hamil, terutama dengan usia kehamilan 2 bulan, sebaiknya tidak mengonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Sebab susu yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan. Bakteri jahat seperti Salmonella mungkin saja bersemayam dalam susu yang tidak di pasteurisasi.
  • Adonan Kue, Banyak orang yang punya kebiasaan mencicipi adonan kue saat sedang memasak kue. Tapi ingat, saat kehamilan Anda memasuki usia dua bulan, hindari kebiasaan ini. Sebab adonan kue bisa jadi mengandung bakteri Salmonella yang datang dari telur mentah dalam adonan

Adapun makanan dan minuman yang dihindari saat kehamilan lainnya seperti menghindari makanan laut dari perairan tercemar yang memungkinkan mengandung kadar logam yang sangat tinggi seperti merkuri, makanan kaleng, mie isntant, makanan ringan yang mengandung banyak lemak, makanan yang mengandung pemanis buatan, makanan diet yang rendah karbohidrat, dan masih banyak lagi makanan larangan lainnya yang tentu tidak mungkin saya bahas semuanya satu per satu dalam artikel ini. Dalam artikel berikutnya saya akan membahasnya agar para pengunjung artikel ini merasa tidak kecewa. Lebih dan kurangnya saya minta maaf…!?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *