Kondisi Kesehatan Yang Sehat Bagi Ibu Hamil Walaupun Saat Bekerja

Cara Menjaga Kondisi Kesehatan Bagi Ibu Hamil Yang Bekerja Di KantoranMendapatkan kehamilan yang sehat adalah dambaan bagi setiap ibu hamil. Kehamilan yang sehat merupakan langkah awal guna mendapatkan seorang anak yang  memiliki kualitas dan kesehatan yang didambakan. Mendapatkan kehamilan yang sehat tidaklah mudah, banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatannya, salah satunya yaitu pola hidup.

Pola hidup memiliki peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan kehamilan. Pola hidup ini mencakup kehidupan di rumah dan di tempat kerja. Yang paling penting dan berat adalah penyesuaian pola hidup di tempat kerja, karena di tempat kerja seorang ibu hamil dituntut untuk dapat bekerja sesuai aturan perusahaan namun di sisi lain harus tetap menjaga kondisi tubuh.

Menjaga kondisi kesehatan saat hamil sangatlah penting terutama jika ibu tetap bekerja saat hamil. Agar kandungan ibu tetap sehat meski terus bekerja.

Loading...

Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi kesehatan saat bekerja adalah :

1.   Jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi bisa mengakibatkan pereganggan otot-otot di daerah pinggang. Akibatnya, ibu akan sering merasakan sakit dan pegal di daerah pinggang. Selain itu, saat kehamilan makin membesar maka keseimbangan tubuh pun akan terganggu dan risiko terjatuh pun makin tinggi. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan risiko yang lebih buruk seperti cacat janin atau keguguran.

MENARIK:  Penilaian Jumlah Cairan Amnion

2.   Menghindari anak tangga

Anak tangga dapat membuat ibu hamil cepat lelah dan menimbulkan tekanan pada plasenta. Bila dokter menyarankan Anda untuk menghindari tangga sebaiknya Anda ikuti. Gunakan lift atau escalator bila ada. Jika diharuskan untuk menaiki tangga sebaiknya jangan membawa barang-barang berat. Naik secara perlahan, pegangan yang kuat, dan jangan gunakan sepatu hak.

3.   Mengkonsumsi makanan sehat

Meski sibuk bekerja jangan lupakan asupan makanan sehat untuk janin. Selama di kantor disarankan ibu mengonsumsi makanan ringan yang sehat saat bekerja. Perhatikan juga interval waktu mengkonsumsi makanannya. Sebaiknya jangan berlebihan karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi janin yang ada dalam perut Anda.

4.   Perhatikan cara duduk Anda

Posisi duduk juga menjadi perhatian ibu hamil saat sedang bekerja di kantor. Duduklah dengan tegak di kursi. Anda bisa menambahkan bantal untuk sandaran yang berguna meredakan rasa pegal di punggung. Bila Anda merasa tidak nyaman dan mual sebaiknya ambilah napas dalam-dalam lalu makanlah sesuatu.

MENARIK:  Tips dan Cara Merawat Luka Pasca Operasi Caesar Di Rumah

5.   Istirahat

Wanita hamil yang bekerja sebaiknya memperhatikan waktu istirahatnya. Istirahat saat di kantor bisa dilakukan dengan berjalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar dan banyak mengkonsumsi air putih. Istirahat juga bisa bermanfaat untuk mengontrol perasaan yang bisa membuat Anda tidak puas dengan urusan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...