Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil Pada Trimester Terakhir


Cara Posisi Tidur Yang Baik Untuk Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu HamilHamil adalah saat-saat yang penting bagi seorang wanita. Selain harus bertanggung jawab atas dirinya, wanita juga harus menjaga buah hati yang ada dalam kandungannya. Tidak jarang, wanita mengalami masalah yang muncul bersamaan dengan kehamilannya. Salah satu permasalahan yang kerap kali menemani kehamilan adalah sesak nafas.

Kesulitan bernafas adalah salah satu sensasi kehamilan yang pasti dirasakan oleh wanita. Namun sensasi ini berbeda-beda untuk setiap wanita. Ada yang merasakannya seperti gejala asma atau sesak nafas, sedang yang lain merasakan nafas yang pendek-pendek dan cepat habis.

Pada trimester terakhir, ibu hamil rentan mengalami sesak napas. Hal ini pertumbuhan janin dalam kandungan yang mendorong naik sehingga terjadi perubahan pada diafragma dan paru-paru dari kondisi normalnya.

Sesak napas pada ibu hamil juga bisa disebabkan gejala anemia di mana tubuh harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi ibu dan janin.

Kondisi ini kemungkinan dapat menyebabkan gangguan dalam pemasokan oksigen sehingga mengakibatkan sesak napas. Berbeda halnya jika ibu memiliki penyakit bawaan seperti gangguan asma dan masalah pernapasan lainnya hingga memerlukan bantuan medis dalam pemberian penanganan yang sesuai.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil, yaitu :

1.   Mengonsumsi Makanan Sehat

Selama kehamilan sebaiknya konsumsi makanan sehat untuk menjaga berat badan sehat Anda. Kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam sebab semua itu bisa meingkatkan berat badan Anda. Akibat ibu akan mengalami sesak napas yang lebih parah.

2.   Perhatikan Posisi Tidur

Bila selama hamil Anda mengalami gangguan tidur malam hari sebaiknya tidurlah bersandar pada dua atau tiga bantal guna mengurangi sesak napas. Penyesuaian tidur yang lebih ekstra akan dialami pada kehamilan trimester ketiga. Anda mungkin akan mengalami gangguan tidur dua kali lebih besar dari masa kehamilan sebelumnya.

3.   Lakukan Rileksasi

Rileksasi selama 10 menit tiap harinya terutama pada trimester akhir menjelang persalinan bisa membantu Anda dalam mengatur pernapasan menjelang persalinan dan bermanfaat menjaga kesehatan paru-paru Anda.

4.   Hindari Minuman Berkafein dan Bersoda

Sebaiknya hindari cola, kopi, dan teh selama hamil karena jenis minuman ini bisa meningkatkan pengeluaran cairan tubuh lebih tinggi dan bisa saja membuat Anda dehidrasi. Selain itu, teh dan kopi mengandung tannin yang bisa menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi.

5.   Perbanyak Asupan Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berwarna hijau gelap, daging merah, dan buah berry. Agar penyerapan zat besi dari makanan bisa maksimal sebaiknya tambahkan asupan  makanan tinggi vitamin C seperti stroberi dan kiwi.

6.   Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau mengikuti latihan yoga sangat baik untuk mengatur pernapasan. Meski begitu, melakukan olahraga saat hamil harus mendapat persetujuan dari dokter terlebih dahulu.


5 Komentar

  1. Artikel bagus,saya termotivasi

  2. Kalau kaki bengkak pada ibu hamil trimester ketiga bagaimana cara mengobatinya?

  3. Pingback: Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil | Caramanfaat.net

  4. Pingback: Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil | Caramanfaat.net

  5. Pingback: Cara Mengatasi Wasir Pada Ibu Hamil | Caramanfaat.net

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>