Bepergian Jauh dengan Balita

Tips Bepergian Jauh dengan Balita AndaPasti akan sangat menyenangkan bepergian dengan si kecil. Baik itu pergi mengunjungi rumah kerabat di luar kota ataupun mengajak mereka bertamasya.

Jika Anda mengajaknya ke tempat rekreasi, anak akan merasakan pengalaman baru dimana mereka bereksplorasi langsung dengan lingkungan luar, dan tentunya mempelajari banyak hal baru yang belum pernah mereka lihat selama mereka bermain-main di sekitar rumah saja.

Akan tetapi bagi orang tua, saat-saat mengajak si kecil bisa jadi membuat mereka berpikir dua kali, ketika harus mempersiapkan barang kebutuhan si kecil yang harus dibawa.

Banyak orang tua yang berpikir akan sangat merepotkan jika pergi bersama anak yang usianya masih terlalu kecil. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi panduan orang tua jika ingin mengajak si kecil pergi cukup jauh.

Tentukan kendaraan yang akan Anda gunakan

Akan lebih enak jika Anda bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, karena Anda dapat membawa barang cukup banyak untuk ditaruh di mobil.

Selain itu, Anda juga bisa berhenti kapan saja terutama jika si kecil sudah mulai bosan dengan perjalanannya. Tapi jika perjalanan mengharuskan Anda menggunakan kendaraan umum atau bus (misal acara rekreasi dari kantor), hal ini juga bukan merupakan suata masalah yang besar kok.

Anda hanya perlu memilah ulang barang-barang yang akan dibawa. Tidak perlu membawa barang yang sekiranya tidak terlalu Anda butuhkan.

Jangan terlalu banyak membawa tas-tas kecil, jika memungkinkan, masukkan semua barang bawaan ke dalam satu tas yang cukup besar, untuk mempermudah Anda membawanya.

Persiapkan baju ganti secukupnya

Anak kecil mudah berkeringat, terutama jika berada dalam kendaraan umum ataupun setelah beraktifitas di luar. Maka tidak ada salahnya Anda menyiapkan baju ganti untuk mereka. Tetapi jangan terlalu banyak, karena akan mereotkan Anda juga nantinya.

Jika perjalanan diperkirakan tidak sampai menginap, satu pasang baju dan celana saja dirasa sudah cukup. Tetapi Anda bisa juga membawa jaket dan topi penutup kepala, siapa tahu AC di mobil terlalu dingin.

Gantilah bajunya ketika akan pulang, agar si kecil merasa segar kembali dan mereka bisa tidur nyaman selama perjalanan pulang. Bawa juga diapers untuk berjaga-jaga jika mereka buang air di jalan.

Anda juga perlu menyiapkan tisu basah untuk kondisi darurat. Jangan lupa membawa tas plastik untuk tempat menaruh baju kotor.

Bawa makanan kecil dan minuman kesukaan si kecil

Ada kemungkinan si kecil akan merasa lapar/haus dan rewel selama perjalanan. Dan penjual makanan mungkin tidak akan ditemui di kendaraan Anda, kecuali harus turun dan mampir ke salah satu toko.

Jadi ada baiknya Anda menyiapkan bekal selama perjalanan. Bawakan makanan dan minuman kesuakaan si kecil agar perjalanan ini menjadi lebih menyenangkan bagi mereka. Jangan hanya karena makanan yang tidak sesuai, mood mereka jadi turun dan mereka tidak lai menikmati perjalanannya.

Bawa mainan favorit si kecil

Anak kecil juga mudah merasa bosan dengan pemandangan kanan kiri yang begitu-begitu saja. Sesekali, ajak mereka bercerita, Anda bisa menceritakan tentang apapun yang mereka lihat, atau jika mereka sudah benar-benar bosan, berikan mainan kesukaannya, misalnya mobil-mobilan atau boneka favoritnya, agar rasa bosan mereka bisa hilang, terutama jika perjalanannya cukup jauh.

Obat-obatan juga perlu lho!

Membawa obat-obatan adalah hal yang paling penting. Khususnya jika Anda belum pernah mengajak si kecil perjalanan jauh sebelumnya, Anda tidak tahu apakah anak Anda mudah mabuk di perjalanan atau tidak.

Minimal yang harus disiapkan adalah minyak kayu putih, untuk berjaga-jaga jika Anak kedinginan karena AC yang terlalu dingin misalnya, atau jika Anak Anda tiba-tiba pusing dan muntah-muntah, oleskan minyak kayu putih di sekitar belakang telinga dan di daerah perut.

***

Demikian sedikit panduan sebelum mengajak si kecil bersenang-senang. Semoga perjalanan Anda bersama keluarga menyenangkan.

Ingat, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, karena yang ada bukannya Anda bersenang-senang dan menikmati perjalanan, tetapi malah kerepotan sendiri membawa barang-barang yang tidak perlu.


Komentar Pembaca untuk “Bepergian Jauh dengan Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *