Cara Untuk Mencegah Keguguran Ibu Hamil PadaTrimester Pertama

Tips Sehat Untuk Mencegah Keguguran Ibu Hamil PadaTrimester PertamaKehamilan Anda terbagi dalam tiga trimester. Trimester pertama adalah 12 minggu sejak hari pertama Anda terakhir menstruasi. Bagi kebanyakan calon ibu, ini adalah masa-masa yang menggembirakan, mendebarkan, sekaligus penuh keingin tahuan. Begitu banyak perubahan pada diri Anda sejak terjadinya konsepsi janin berkembang pesat dan tubuh Anda juga mulai menyesuaikan diri dengan kehamilan.

Trimester pertama merupakan masa kritis kehamilan. Pada masa ini diperlukan perawatan ekstra agar janin sehat dan ibu tidak mengalami keguguran.

Dr. Rifsia Anjani mengingatkan pada periode tiga bulan awal, asupan makanan harus benar-benar dijaga untuk menekan risiko janin mengalami cacat lahir. Untuk menjaga kesehatan bayi sebaiknya ibu hamil mengonsumsi asam folat 400 mg tiap hari selama 12 minggu.

Loading...

Asam folat merupakan vitamin B yang larut dalam air. Vitamin ini banyak terkandung pada sayuran berdaun hijau gelap seperti sawi, kangkung, brokoli, dan bayam. Saat hamil, ibu tidak diperbolehkan mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi dan sushi.

Pada saat hamil muda sebenarnya aktivitas seks masih boleh dilakukan, asalkan pada trimester pertama frekuensi hubungan seks tidak sesering waktu sebelum hamil. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran spontan.

MENARIK:  Pengaruh Zat Adiktif Bagi Pertumbuhan Anak

Posisi saat berhubungan seks juga perlu diperhatikan, jangan sampai menindih perut karena di usia kehamilan muda rahim masih lemah. Selain itu, lakukan pula koitus interuptus, yakni ejakulasi sperma di luar vagina. Prostaglandin yang terkandung dalam sperma bisa merangsang kontraksi uterus sehingga dapat mengakibatkan keguguran.

Meski begitu, keguguran tak hanya disebabkan oleh faktor itu saja. Keguguran bisa terjadi akibat penyakit, trauma pada perut, nutrisi yang kurang bagus atau disebabkan kekejangan otot rahim yang kuat.

Untuk mencegah keguguran, Ibu bisa memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Hentikan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman keras. Rokok dan alkohol sangat berisiko buruk bagi bayi.
  • Saat hamil muda, wanita sangat rentan mengalami stres. Tak jarang kondisi stres membuat ibu kehilangan napsu makan sehingga perut menjadi kosong. Akibatnya, ibu akan makin merasa mual, kondisi kesehatan makin menurun sehingga pada akhirnya membahayakan kandungan.
  • Konsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, teh, salad, jus jeruk, atau mint.
  • Jaga keseimbangan psikologis supaya mampu mengatasi kesulitan di awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi, terutama bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan.
  • Rasa kantuk kerap dirasakan oleh ibu hamil. Sebaiknya jangan tunda waktu tidur bila Anda merasa ngantuk. Hal ini bertujuan untuk menyimpan energi dan menjaga stamina.
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi dan hindari makanan yang banyak mengandung vitamin A.
  • Jangan sembarang mengonsumsi obat, suplemen, atau zat-zat kimia lainnya.
  • Jangan melakukan olah raga berat, misalnya, lari atau aerobik high impact.
  • Jangan memakai pakaian ketat yang tidak lentur. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah yang nyaman.
MENARIK:  Cara Mencegah Kelahiran Prematur

 


6 Komentar Pembaca untuk “Cara Untuk Mencegah Keguguran Ibu Hamil PadaTrimester Pertama

  1. dokter, saya mau nanya…setelah 2 tahun pasca kuret sya sering terlambat haid dan beberapa kali hamil, ttp kok selalu nggak bertahan..lagi-lagi keluar…bagaimana ya dok cara penanggulangan nya…makasih

  2. Sorry nimbrung.. Hehe.. Yudi bknnya saya mau nasehatin.. Tp sbaiknya hentiin percobaan ngegugurin si dede. disamping nanti si calon ibu mnderita sakit yg amat sangat, emg g kasihan sm dedenya? Soalnya saya punya kasus yg sama kayak km, saya niat mau menggugurkan karena takut ktauan sm ortu, saya udh coba bnyk macem jamu,obat2 olahraga berat macem2 pokoknya dan gak brhasil. Tapi stlh ketauan sendiri sm orty baru terasa, itu nyeseeeel banget. Jangan sampe ya.. Tapi alhamdulillah wasyukurillah bbyku lahir dg slmt, normal , skrg sdh umur 8bln dia pintar,aktif trus cantik kayak saya hehe.. Itu anugrah yg amaaat sangat besaaaar buat sy, jd sbaiknya yudi bilang sm ortunya baik2, pasti ada jalan keluarnya.. Jgn smpe mnyesal ok.

  3. minta sarannya dong kalo boleh.
    pacar saya udah hamil hampir 4 bln.
    tpi saya takut mau nglanjutin soalnya udah beberapa x coba di gugurin gagal.
    saya takut anak saya cacat nantinya soalnya udah pke obat trus smpe pendarahan jga.
    tolong kasih solusi.

  4. Dokter saya mau tanya ,, gimana caranya agar kandungan saya kuat . Saya hamil diluar nikah,dan pasangan saya blum siap.tpi saya tidak mau mnggugurkan kandungan saya ,, Agar pacar saya tidak kabur,saya turuti untuk minum Obat , Bagaimana caranya agar Kandungan saya Dan janin saya kuat ,, meskipun di beri obat dok. Tolong bantuan nya terimahkasih.

    1. dear mbak vina, saya bukan dokter tapi ingin berbagi saja. pertama tama saya medoakan mbak vina semoga banyak bersabar dengan cobaan ini. sekarang mbak kan lgi hamil, itu merupakan suatu anugrah yg tak terkira. saran saya jangan dlu mengkonsumsi obat2an apalagi bermaksud untuk menggugurkan janin. berdosa besar salah satu alasan nya. alasan lain kalo seandainya janin baru di trisemester pertama terpapar obat ato zat kimia bisa menggangu perkembangan nya. mbak mau hanya gara2 menuruti kata pacar, baby mbak dimasa depan menderita. sebaik nya mbak jangan stres, masa lalu biar lah berlalu. banyak konsumsi makaanan yg bergizi. 9 bulan bukan wktu yang lama kok mbak untuk memberikan yg terbaik buat baby di bandingkan nanti seumur hidup nya membawa kecacatan akibat mommy ny stres, tidur yang cukup dan positive thinking. semoga mbak vina dan janin nya sehat selalu. salam…

      1. sekilas cerita saya. Saat hamil pertama saya melahirkan secara caesar 3th yg lalu,karena kaki kiri saya terkena folio tdk bisa melahirkan secara normal. dokter menganjurkan untuk hamil lagi batas max 5th, tetapi saat ini saya hamil lagi berusia 2bulan lebih. karena takut bila terjadi apa2 pada bekas jahitan operasi saya, saya memutuskan untuk mengugurkan kandungan saya dengan jalan ke tukang pijat yg terkenal bisa mengugurkan. Sudah 7x saya dipijat, minum minuman bersoda, dan pernah sekali memasukkan obat melalui (maaf vagina) yg memang khusus obet pengugur kandungan tetapi tidak berhasil.
        saya takut bila saya hentikan akan menyebabkan cacat pada janin saya.
        Saya ingin meminta saran & bantuan ibu apa yg seharusnya saya lakukan bu,dalam hati kecil saya tidak mau melakukan semua ini tp karena ketakutan saya, saya terpaksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...