Kontraksi Palsu Pada Kehamilan

Kontraksi Palsu Pada KehamilanKontraksi palsu atau kontraksi Braxton Hicks merupakan kondisi menegangnya otot-otot rahim yang membuat otot perut ikut mengencang bahkan terasa keras jika disentuh. kondisi tersebut diikuti dengan perasaan nyeri pada perut yang kemudian menjalar ke tubuh bagian bawah. Biasanya kondisi ini hanya berlangsung selama 1-2 menit saja.

Kontraksi palsu mulai terjadi pada usia kandungan menginjak 28 minggu, meski demikian tidak semua ibu hamil bisa merasakannya di usia tersebut. Beberapa kasus baru merasakannya di trisemester ketiga kehamilan.

Reaksi yang dirasakan pada wanita hamil pun berbeda setiap orangnya. Beberapa dari meraka merasa sangat terganggu akan kontraksi ini karena menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman terutama jika terjadinya menjelang waktu persalinan di mana kontraksi tersebut dirasakan semakin kuat. Namun sebaliknya , kontraksi palsu bagi beberapa wanita terasa tidak menyakitkan.

Braxton Hicks Contraction merupakan kontraksi yang tak seimbang dan sering dikatakan kontraksi palsu. Sebenarnya kontraksi ini dipandang biasa dan sering muncul pada awal trimaster kedua. Namun lebih sering terjadi pada masa trimaster terakhir kehamilan.

Kontraksi Braxton Hicks dirasakan sebagai gerakan perut yang mengencang atau mengeras kemudian mengendur. Gerakan kontraksi ini tidak terlalu sering, juga tidak meningkat kontraksinya saat anda berjalan. Meskipun sebelumnya anda merasa ada kontraksi tapi tidak semakin kuat desakannya sebagaimana bila saat proses persalinan mulai mendekati waktunya.

Karakteristik kontraksi palsu :

  •     Kontraksi tidak teratur dan jaraknya tidak beraturan.
  •     Kontraksi berhenti saat anda berjalan atau istirahat atau sedang mengubah posisi.
  •     Kontraksi lemah dan tidak semakin kuat atau bisa saja terasa kuat namun kemudian menghilang lagi.
  •     Kontraks hanya terasa di bawah perut atau di atas daerah kemaluan.

Kontraksi Braxton Hicks adalah petanda yang uterus anda sedang melatih serat-serat ototnya. Mungkin kontraksi-kontraksi itu merupakan cara uterus anda menjaga keadaan baik dan bersedia agar bekerja keras bila tiba masa bersalin. Pada peringkat awal kelahiran, serviks anda mula memendek dan menjadi lebih lembut sebagai persediaan agar mengembang bagi melancarkan perjalanan bayi. Jadi mungkin kontraksi Braxton Hicks merupakan cara serviks dilatih bagi tahap ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *