Manfaat Kolostrum Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Manfaat Serta Kandungan Kolostrum Bagi Bayi Yang Baru LahirKolostrum merupakan pra susu atau susu pertama yang berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh mamalia sesudah melahirkan anak. Manusia membuahkan susu kolostrum cuma di dalam tempo 24 jam saja namun sapi lebih lama yakni di dalam tempo 48 jam. Jika induk mamalia melahirkan anak, jadi induk dapat membekalkan kolostrum untuk jadikan makanan pertama untuk anaknya.

Kolostrum ( colostrum ) merupakan type susu yang di produksi pada step akhir kehamilan serta pada hari-hari awal sesudah melahirkan. Warnanya kekuningan serta kental. Walau jumlahnya sedikit, kolostrum mempunyai konsentrasi gizi serta imunitas yang tinggi.

Di dalam sekian hari pertama sesudah kelahiran, kolostrum keluar dari payudara untuk diminum bayi. Kolostrum tidak dapat di produksi dengan sintetis.

Kolostrum berasal (dari bahasa latin colostrum) yakni susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum manusia dan sapi warnanya kekuningan dan kental. Kolostrum baik bagi bayi mamalia (termasuk manusia) karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh.

Kolostrum juga mengandung banyak karbohidrat, protein, dan antibodi, dan sedikit lemak (yang sulit dicerna bayi). Bayi memiliki sistem pencernaan kecil, dan kolostrum memberinya gizi dalam konsentrasi tinggi. Kolostrum juga mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali, yang disebut meconium. Hal ini membersihkannya dari bilirubin, yaitu sel darah merah yang mati yang di produksi ketika kelahiran.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manusia dan sapi memiliki kandungan kolostrum yang sangat mirip, bahkan kolostrum susu sapi empat kali lebih kaya kandungan untuk faktor kekebalan tubuh, sehingga saat ini sebagian susu pertumbuhan sudah mengandung kolostrum susu sapi, yang akan membantu pertumbuhan serta daya tahan tubuh.

Kolostrum mengandung Imunoglobulin, Lactoferin, Lactabulmin, Glycoprotein, Cytokines yang sangat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, yang akan membantu melawan virus, jamur dan bakteri dalam tubuh. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, kolostrum juga dapat berfungsi untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, seta kaya dengan kandungan TgF-B yang membantu terapi bagi seorang penderita kanker.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *