Mengetahui Flek Paru-Paru Pada Anak

Mengetahui Flek Paru-Paru Pada AnakTidak nyaman rasanya, kalau kita terserang batuk yang tak henti. Apalagi bila yang terserang batuk adalah si kecil. Batuk, merupakan indikasi dari berbagai penyakit yang bisa dialami oleh anak. Tetapi bila batuk disertai dengan gejala sesak nafas, bisa jadi ini pertanda ia terkena flek paru.

Istilah Vlek , sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti bercak. Secara medis, istilah ini umum digunakan dokter untuk menunjukkan kelainan yang terlihat pada hasil foto rontgen.

Istilah flek paru biasanya digunakan sebagian dokter untuk memperhalus istilah TBC. Menurut literatur, bercak ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lendir karena infeksi atau alergi, proses radang seperti pada infeksi akibat TBC atau kuman yang lainnya.

Flek paru-paru atau TBC pada anak biasanya ditularkan dari orang dewasa yang menderita TBC. Flek paru-paru disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Bakteri ini bisa menginfeksi bayi atau balita melalui percikan ludah saat batuk, bersin atau udara pernapasan dari penderita TBC dewasa.

Bakteri tuberculosis bisa menyerang orang dewasa maupun anak di bawah usia 2 tahun, orang yang memiliki imunitas rendah dan tinggal di lingkungan orang-orang penderita TBC juga rentan terinfeksi bakteri tuberculosis.

Gejala

Anak yang terinfeksi bakteri tuberculosis akan menunjukkan gejala berikut ini :

1.   Demam selama 3 bulan berturut-turut, kondisinya tidak berubah meski bayi diberi obat penurun panas.

2.   Berat badan anak tidak meningkat seiring bertambahnya usia meski asupan makanan bergizi sudah terpenuhi.

3.   Diare kronik terus menerus yang tidak bisa disembuhkan dengan obat biasa.

Sebaiknya jauhkan anak Anda dari penderita TBC aktif sebab penyakit ini bisa menyebar dengan mudah melalui udara. Selain itu, berikan pula imunisasi BCG supaya bayi memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan bakteri ini.

TB Pada Bayi Bisa Menyebar

Kondisi bayi yang kekebalan tubuh alaminya belum sempurna rentan terkena flek paru-paru. Bayi yang menderita TBC berisiko lebih berat ketimbang orang dewasa. Pada orang dewasa TB akan terlokalisasi hanya di paru-paru karena kekebalan tubuh orang dewasa telah sempurna. Sementara pada bayi dan anak-anak, bakteri bisa menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh sehingga bisa menyebabkan terjadinya TB hati, TB tulang, TB selaput otak atau meningitis pada anak. Karena itu, flek paru-paru pada anak harus diobati secepatnya bila sudah terdeteksi.

Pengobatan

Pengobatan penyakit TBC pada anak memang berbeda dengan TBC dewasa. Biasanya pengobatan pada anak menggunakan obat anti-TB yang di konsumsi selama 6 bulan, pengobatan bisa bertambah 3 bulan untuk mencegah kekambuhan. Pengobatan harus rutin dan tidak boleh berhenti sebelum waktu yang sudah ditentukan. Jika berhenti kuman akan muncul lagi dan kebal terhadap obat.

TB pada anak tergantung dari daya tahan tubuhnya, tidak semua anak yang memiliki flek paru-paru akan jatuh sakit. Bisa saja bayi terjangkit bakteri TB namun basil itu mati atau hanya bersarang di dalam tubuh, tidak aktif dan tidak mengganggu.


18 Komentar Pembaca untuk “Mengetahui Flek Paru-Paru Pada Anak

  1. Aslmkm mlm dok’ saya punya anak usianya 17bln yg berat badanya ngk brtmbh msh brthan di 7kg, dan agak rewel mggu2 ini’ sdh dbwa ke rmh skt katanya ditktkan ada vlek!
    Yg saya tanyakan apa kiat penanganan pertama vlek pada anak’ mksh dok

    View Comment
  2. mlm dok. . .anak sya bru 4bln,tpi ada anak sya yg trkena flek paru2
    .apa itu bisa menular. . . ???
    .kmrin2 anak sya batuk2 bbrapa hri,tpi skrng udh smbuh
    .tpi skrng klo tdr /malam suka brkeringt ampe dan gk kyk biasa.nya
    .apakah itu tanda anak sya tertular flek paru2
    .mudah2n tidk
    .jawaban dokter sngt brarti buat kami

    View Comment
  3. Siang dok,anak sya usiax 11 bln n brat bdanx 7 kg.stlah brobat ke RS dnytakan terkna flek mlihat hasil mauntox.tp ank sya kliatn shat n lincah.batuk jga tdak,nafsu mkan pun ada,asi jga kuat,air putih jga kuat.susu botolpun jga kuat!
    Mksh,,,mohon infox?

    View Comment
  4. Dok,anakx sy prempuan n brusia 11 bln,brat badanx 7kg.stelah brobat ke Rs,di nytakan terkena flek stlah hasil tes mauntox.tp anakx sy kliatan shat n lincah,batuk pun tdak jga,nafsu mkan pun ada,,,apa se cri2 flek sbnrx?

    View Comment
  5. Dok anak sya sering batuk flek trs trkdng klu brnafas ska ad suara’y.trs anak sya jg dri umur 2 sampe 8 bln bdan’y gemuk bgd .brnjnk 9 bln smpe ckrg mo 11 bln bdan’y jd kurus.bhkn BB’y hnya 8 kg.pdhl anak sya mkan’y bnyk.ap kah anak sya trkena flek jg ya dok.( smoga tdk trjd ) mohon konsul’y dok.trims

    View Comment
  6. Siang,anak saya usia 4,5th baru saja di diaknosa terkena flek harus menjalani pengobatan selama 6bln,namun saya sedang hamil 3bln,apakah anak dalam kandungan saya bisa terkena flek juga ??

    View Comment
  7. Mlm,,Dok,,,,
    Anak sya umur 17bln,,kmrin btuk sma sesk nafas trus sya priksakan ktanya gjla radang paru-paru kta bdannya klau smpai 3hri g’ ada perkmbgan sruh priksa ke spisialis ank,,,tp skrang sdah smbh sperti sdiakla apakah itu gjla flek paru2 jga dok,,,,
    Trma kasih,,,

    View Comment
  8. Dok anakku pernah terkena flek paru dan menjalani pengobatan intensif selama 6 bulan dan nambah 3 bulan menjadi 9 bulan masa pengobatan, setelah pengobatan selama 9 bulan dokter yang menangani anak saya menyetop obat tanpa menyusuh saya rontogen terakhir.
    anak saya sekarang usianya 3thn 3bln dan memiliki berat badan hanya 12kg.
    apakah anak saya sudah benar” sembuh dari flek karena melihat perkembangan berat badan anak saya tidak naik-naik.
    jawaban dokter amat berarti untuk saya.
    terima kasih

    View Comment
  9. dok, anak saya berusia 2 tahun 10 bulan terkena batuk. sudah saya bawa ke dokter anak dan di beri obat, tapi setelah obatnya habis kambuh lagi. apakah anak saya terkena tbc? karena ketika hamil saya pengobatan tbc berjalan 3 bulan.

    View Comment
  10. Ass. dok saya mau tanya ank saya sekarang usia 3 th 9 bln pengobatan TB sudah berjalan 1 th, dmulai pada usia 2 thn sudah selesai bulan agustus kemarin..awal dketahui dengan foto rontgen.. apakah sekarang harus cek up ulang melalui foto rontgen lg tidak ya??? ank saya yg k2 jga kena TB pengobatan sudah berjalan 2 bulan, dari yg diharuskan 6 bulan. lewat cek darah…apakah ada kemungkinan ank saya yg pertama terkena tb lg dok?? terimaksih..

    View Comment
  11. salam..
    pagi dok..saya mau tanya..anak saya umur13 bulan bb cuma 8kg..
    gampang banget kena batuk yg ditular dari orang lain..tapi tidak sesek napasnya..
    asi full juga dok…
    apa itu anak saya kena flek…( smga tidak )

    makasih

    View Comment
  12. Kalo anak sering batuk pilek tetapi tdk demam, apkh itu slh satu tanda2 flek juga?
    Soalny anakku srg btk pilek, dikasih obat, ntar batuko sembuh tapi pileknx tetap?
    Tlg dikasih pendapatny ya,
    Trimakasih

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *