Cara Sehat Agar Produksi ASI Banyak Keluar dan Berlimpah


ASI Lancar Dan Sehat Untuk Si Buah HatiAir susu ibu atau lebih di kenal dengan sebutan ASI sangat penting untuk perkembangan bayi, terutama untuk bayi yang baru lahir.

ASI sendiri memiliki banyak kandungan di dalamnya sehingga dapat membuat bayi memperoleh banyak asupan yang sesuai jika di bandingkan dengan meminum susu formula buatan pabrik-pabrik.

Usia bayi yang baik untuk mendapatkan ASI adalah saat mereka berusia 0-6 bulan. Pada usia-usia ini bayi sangat membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Air susu yang memiliki banyak kandungan nutrisi adalah ASI.

Bagi para ibu sendiri memiliki ASI yang sehat, lancar dan eksklusif pun menjadi impian mereka semua. Akan tetapi banyak dari mereka yang tidak mendapatkan kelancaran saat menyusui bayi mereka.

Banyak cara agar ASI banyak keluar serta berlimpah untuk bayi kita. Beberapa jenis makanan dan minuman bisa membuat air susu keluar dengan banyak. Selama ini yang umum di ketahui adalah jenis makanan seperti daun katuk, pare dan juga dari sari buah kurma. Tetapi ini juga hanya berdasarkan kebiasaan umum.

Pada masa awal kelahiran bayi, rangkaian proses menyusui sangat penting, meskipun ini bisa berjalan secara alamiah dan naluri dari seorang Ibu kepada bayi yang di lahirkannya.

Pada awal kelahiran bayi, seharusnya ada serangkaian proses penting, salah satunya adalah IMD atau inisiasi menyusu dini, paling tidak selama 1 jam setelah waktu melahirkan selesai. Bayi dan ibu harus di satukan atau rawat gabung, dan bayi bisa langsung menyusu kepada ibunya kapan saja setiap saat.

Proses rangkaian menyusui pada awal kelahiran bayi ini ternyata banyak tidak bisa terlaksana. Ini di sebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu, suami dan keluarga serta masih banyak rumah sakit bersalin yang tidak menerapkan proses menyusui awal ini. Alasannya adalah karena ASI belum keluar banyak, atau malah belum keluar.

Menurut salah seorang pakar dalam bidang ini yang saya baca, pada prinsipnya, proses menyusui bayi adalah kedekatan antara ibu dan bayinya, bagaimana bayi bisa langsung melekat erat dalam dekapan ibu secepatnya setelah dilahirkan.

Tentu saja ini sangat masuk akal, secara naluri dan alamiah ini akan berjalan dengan begitu saja, bila keadaan normal, wajar dan memungkinkan. Bila bayi melekat secara dekat terus menerus secepatnya setelah di lahirkan, memungkinkan ia akan mendapatkan ASI secara cukup, sekaligus adalah cara agar ASI keluar banyak dan lancar.

Biasanya atau paling sering, ASI keluar sedikit setelah melahirkan, ini normal dan wajar saja. Tetapi ketika kemudian alasan ini bayi menjadi tidak melekat kepada ibunya secepatnya setelah proses melahirkan, akan semakin mempersulit keadaan dalam proses pemberian ASI selanjutnya.

Jadi, segera peluk bayi anda secepatnya dalam dekapan hangat anda setelah melahirkan. Juga mengkonsumsi beberapa saran makanan untuk melancarkan dan membuat ASI banyak keluar.


Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>